Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Agar Diterima HRD

pdamtirtasukapura.co.id – Untuk mendapatkan pekerjaan, kalian harus melamar ketempat kerja yang diinginkan. Untuk membuat sebuah lamaran kerja tentunya tidak asal-asalan agar bisa dibaca dan diterima. Kalian harus mengikuti prosedur pembuatan lamaran pekerjaan yang benar. Bagi kalian yang belum tahu menulis lamaran pekerjaan yang benar, disini kita akan berikan Contoh Surat Lamaran Kerja untuk kalian ikuti.

Surat Lamaran Kerja merupakan hal yang wajib bagi kalian yang ingin mendapatkan pekerjaan, seperti perusahaan, instansi ataupun lembaga lainnya. Karena dengan mengajukan atau memberikan surat lamaran pekerjaan, akan menentukan kelolosan kalian waktu melamar kerja untuk daoat mengikuti ke tahap selanjutnya. Oleh sebab itu, kalian harus persiapkan surat lamaran kerja sebaik dan semenarik mungkin.

Cara yang harus kalian lakukan adalah, dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan. Kalian harus mengikuti prosedur yang ada, tidak boleh membuatnya asal-asalan. Untuk pembuatannya sendiri, kalian harus membuat lamaran kerja yang tidak bertele-tele, jelas, dan dapat dimengerti. Agar kalian lebih paham lagi, bisa simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini. Agar kalian tidak ketinggalan informasi, ikuti terus sampai selesai.

Tentang Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja yaitu surat yang berisikan permohonan untuk bekerja disebuah perusahaan, instansi, atau lembaga lainnya. Surat lamaran pekerjaan bersifat resmi, oleh karena itu kalian perlu memperhatikan secara khusus dalam pembuatannya. Dalam membuat sebuah surat lamaran pekerjaan, tidak terlalu panjang, singkat, efisien, jelas dan juga sopan. Kalian tidak perlu menjelaskan secara detail tentang riwayat pekerjaan sebelumnya.

Karena hal tersebut, akan dijelaskan lebih detail pada CV yang akan dilampirkan nantinya. Biasanya surat lamaran kerja berisi penjelasan singkat tentang pengalaman dan tujuan dari alasan kalian melamar. Dengan contoh kalian menginginkan pekerjaan tersebut karena memiliki kemampuan dan pengalaman yang memadai pada bidang tersebut. Sama halnya seperti CV, kalian dapat menuliskannya dengan bahasa Indonesia ataupun Inggris.

Baca Juga :  Download Anichin Apk Mod Nonton Anime Donghua Sub Indo Gratis

Untuk penulisan surat lamaran pekerjaan, sebaiknya kalian menggunakan bahasa sesuai dengan perusahaan dan posisi yang dilamar. Jika kalian melamar ke perusahaan multinasional, lebih baik kalian menulis surat lamarannya menggunakan bahasa Inggris. Namun, jika kalian kurang percaya diri lebih baik menulis surat lamarannya menggunakan bahasa Indonesia. Agar dapat menghindari kesalahan dalam penulisan surat lamaran tersebut.

Poin yang terpenting dalam pembuatan surat lamaran kerja yaitu kalian harus menggunakan kalimat yang efektif, ringkas, enak dibaca, dan sopan. Agar kalian lebih memahami dalam penulisan surat lamaran tersebut, kita akan berikan cara untuk membuat surat lamaran kerja secara lengkap dengn contohnya. Agar kalian dapat mengikuti untuk menulis surat lamaran kerja yang baik dan dapat diloloskan atau diterima.

Konsep Membuat Surat Lamaran Kerja

Konsep Membuat Surat Lamaran Kerja

Untuk dapat membuat surat lamaran pekerjaan tentunya kalian harus tahu terlebih dahulu, apa yang akan dituliskan pada surat lamaran tersebut. Kalian harus mengetahui konsepnya terlebih dahulu agar dapat membuat surat lamaran dengan baik. Buat kalian yang belum tahu konsep dalam penulisan surat lamaran kerja. Kalian bisa ikuti langkah-langkahnya dibawah ini, sebagai berikut :

Perkenalan Diri

Konsep yang pertama yaitu perkenalan diri. Dimana saat membuat surat lamaran pekerjaan, kalian harus memberikan identitas diri secara detail. Karena hal tersebut merupakan salah satu poin penting yang dapat menentukan kelolosan pada tahap selanjutnya.

Tujuan Jelas

Kemudian, dalam menuliskan surat lamaran pekerjaan kalian harus menuliskan tujuan yang jelas. Dengan contoh, kalian melamar ingin sebagai manager, guru atau tujuan yang lainnya. Dengan begitu pihal perusahan atau instansi lainnya dapat mengerti tujuan dari yang dilamar oleh kalian.

Memakai Bahasa Formal

Tentunya dalam membuat sebuah surat lamaran pekerjaan, kalian harus menggunakan bahasa yang formal. Dengan menggunakan bahasa yang formal dan sopan akan mencerminkan diri kita sendiri. Jangan sampai kalian menulis surat lamaran pekerjaan menggunakan bahasa yang santai. Gunakanlah bahasa Indonesia yang baik sesuai kamus KBBI.

Baca Juga :  1001 Akun ML Sultan Gratis 2022 Login FB Moonton & Google [No Tipu]

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Buat kalian yang belum tahu cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan sopan, kalian bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini. Umumnya, dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan berisi tentang alamat pengirim, tanggal surat, salam pembuka, isi surat, lampiran, salam penutup dan tanda tangan juga nama pelamar. Langsung saja agar kalian tidak penasaran, inilah langkah-langkah untu membuat surat lamaran pekerjaan yang bisa kalian ikuti. Sebagai berikut :

Alamat Pengirim

Yang pertama adalah alamat pengirim, bagian ini memuat nama, alamat, nomor telepon atau email pelamar. Alamat pengirim dicantumkan disebelah kanan atas dan kalian harus pastikan semua yang ditulis mudah dibaca oleh rekruter.

Tanggal Surat

Selanjutnya yang harus kalian tahu yaitu, tanggal surat. Tanggal surat ditulis sebaiknya harus dicantumkan dalam surat agar rekruter tahu mana surat lamaran lama dan surat lamaran yang baru dikirim. Bagian tanggal surat dicantumkan pada dua atau tiga baris dibawah alamat pengirim.

Alamat Surat

Kemudian alamat surat, kalian harus menuliskan secara jelas kepada siapa surat tersebut ditujukan. Nama perusahaan harus ditulis secara lengkap pada baris pertama, diikuti nama gedung pada baris kedua dan nama jalan pada baris berikutnya. Untuk ketentuan penulisan pertama, kalian tidak usah menggunakan awalan dengn kata “kepada” langsung ditulis saja Yth. Untuk alamat maksimal 3 baris, untuk nama jalan tidak boleh disingkat.

Salam Pembuka

Salam pembuka biasanya dalam penulisan surat lamaran pekerjaan, menggunakan kalimat “Dengan Hormat” dan setelah itu kalian isi dengan kata pengantar pada pembukaan surat. Biasanya pada kata pengantar, menjelaskan tentang asal usul kalian mengetahui adanya lowongan pekerja. Bisa melalui iklan, pamflet yang disebar terkait lowongan pekerjaan sebagai manager, guru atau yang lainnya.

Isi Surat

Selanjutnya yaitu isi surat. Isi surat dibagi menjadi tiga bagian yaitu sebagai berikut :

Baca Juga :  Download Inshot Pro Mod Apk Full Efek + Unlocked Versi Terbaru 2022

a. Alinea Pembuka

Isi surat yang pertama diisi dengan kesan pertama dari surat lamaran yang ditulis. Karena hal tersebut merupakan hal yang penting untuk memilih kata-kata yang pas untuk bisa menarik pembaca sekaligus mempengaruhi keputusan untuk membaca surat tersebut.

b. Tubuh Surat

Isi surat yang kedua yaitu tubuh surat. Dimana pada bagian ini, kalian dapat menjelaskan keahlian yang dimiliki dan sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang dilamar. Kalian bisa jelaskan juga apa kontribusi yang akan diberikan kepada perusahaan jika diterima bekerja di perusahaan tersebut.

c. Alinea Penutup

Isi surat yang ketiga yaitu alinea penutup. Pada bagian penutup sebaiknya kalian isi ucapan terimakasih dan harapan kalian yang menginginkan untuk bisa mendapatkan balasan dari piihak perusahaan yang dituju.

Lampiran

Kalian bisa menuliskan dokumen-dokumen apa saja yang akan dilampirkan sebagai pendukung dalam persyaratan pelamar. Untuk lampiran yang disediakan biasanya berupa CV (riwayat hidup), FC Ijazah, Pas Photo, dan Portofolio. Jika kalian pernah mengikuti lomba pelatihan atau seminar yang memiliki sertifikat. Kalian bisa ikut sertakan ke dalam lampiran file foto copyannya. Hal tersebut bisa menjadi nilai tambahan untuk kalian.

Salam Penutup

Gunakan salam penutup yang baik dan lazim. Bagian ini ditulis dua atau tiga spasi dibawah baris terakhir isi surat.

Beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja

Bagi kalian yang ingin melamar kerja namun tidak tahu cara menulis surat lamaran kerja yang baik. Kalian bisa ikuti contoh-contoh surat lamaran pekerjaan dibawah ini. Langsung saja, berikut ini beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa kalian ikuti. Sebagai berikut :

1. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana

Surat Lamaran Kerja Sederhana

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMA

Surat Lamaran Kerja Lulusan SMA

5. Contoh Surat Lamaran Kerja dengan Pengalaman

Surat Lamaran Kerja dengan Pengalaman

Penutup

Hanya itu saja yang bisa dijelaskan mengenai Contoh Surat Lamaran Kerja yang bisa kalian ikuti dengan contoh diatas. Semoga semua informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan terimakasih sudah membacanya sampai dengan selesai. Sampai jumpa diartikel selanjutnya!