RUAM POPOK

1. Pengertian 

Ruam Popok dapat diartikan sebagai infeksi kulit karena paparan urine dan kotoran yang berkepanjangan ditambah dengan tekanan dan gesekan popok yang bersifat disposable (diapers). Tanda dan gejala ruam popok bervariasi dari yang ringan sampai yang berat. pada gejala awal kelainan derajat ringan seperti kemerahan ringan dikulit pada daerah sekitar pengginaan popok yang bersifat terbatas, disertai dengan lecet atau luka ringan pada kulit, berkilat, kadang mirip luka bakar, timbul bintik-bintik merah, kadang membasah dan bengkak pada daerah yang paling lama berkontak dengan popok seperti paha.

2. Tanda dan gejala

tanda dan gejala ruam popok bervariasi dari yang ringan sampai yang berat. Pada gejala awal kelainan derajat ringan seperti kemerahan ringan di kulit pada daerah sekitar penggunaan popok yang bersifat terbatas, disertai dengan lecet atau luka ringan pada kulit, berkilat, kadang mirip luka bakar, timbul bintik-bintik merah kadang membasah dan membengkak pada daerah yang paling lama berkontak dengan popok seperti paha.

3. Penyebab

Reaksi alergi bahan popok bisa menjadi ruam pada bayi, karena ada merek tertentu yang memeiliki kualitas bahan yang memiliki daya serap rendah, sehingga penggunaan popok sering melebihi daya tampung, kualitas popok yang juga dapat mengakibatkan ruam popok karena air seni bayi yang tidak terikat pada serat popok akan diserap dan mengendap di kulit bayi dan menimbulkan ruam. kalau ruam popok sudah terlanjur terjadi, sebaiknya dihindari dulu penggunaan popok sekali pakai hingga kulit bayi benar-benar sudah sembuh.

4. Pencegahan 

mengurangi kelembaban danbgesekan kulit dengan segera menganti popok setelah bayi buang air kecil (BAK). Kalau anak menggunakan diapers, sering – seringlah memeriksanya jangan sampai membiarkan genangan air seni atau tinja didalam diapers 2-4 jam sekali kecuali jika anak buang air besar, harus langsung diganti.