Penyuluhan tentang Infeksi Amandel

Amandel atau Tonsilitis

Senin, 15 Februari 2016 Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tanjung Pura melakukan penyuluhan tentang Amandel atau Tonsilitis. Materi yang disampaikan adalah tentang pengertian tonsil/amandel, penyebab , gejala, cara mencegah dan terapi infeksi amandel.

Penyakit infeksi amandel merupakan penyakit yang umum yang sering terjadi pada anak yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Tonsillitis atau infeksi amandel dapat menular melalui udara. Gejala tonsillitis sakit tenggorokan, sulit menelan, demam/menggigil, mulut bau tak sedap, nafsu makan menurun, mual dan muntah, suara serak, tidur mengorok, sulit tidur, amandel merah dan bengkak.

Apabila anak menderita infeksi amandel lakukan terapi tonsillitis dengan cara istirahat yang cukup, makan makanan lunak dan menghindari makan makanan yang mengiritasi, menjaga kebersihan mulut atau pemberian obat topikal obat kumur antiseptik, serta minum obat sesuai dengan anjuran dokter.

Perlu dilakukan operasi jika, infeksi amandel kambuh/muncul keluhan lebih dari 3 kali dalam 1 tahun walaupun sudah diberikan terapi yang adekuat, pembesaran amandel yang menyumbat jalan napas, sesak, gangguan tidur, sulit menelan dan bicara, pilek dan batuk berulang walau sudah berobat, napas bau berulang walau sudah berobat, serta terjadinya infeksi telinga.