Visi dan Misi

Temukan Dokter


Informasi Kesehatan


Monday | 2015-08-03 00:37:18


Monday | 2015-05-31 21:20:25


Tuesday | 2015-03-24 01:44:53


Tuesday | 2015-03-16 23:54:50


Tuesday | 2015-03-09 22:04:04


Visi dan Misi

Friday 2014-12-23 01:21:51 Bagikan ke

VISI

Visi merupakan gambaran yang ingin dicapai RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak di masa mendatang melalui upaya pengelolaan manajemen yang profesional. Secara makro berarti RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak mampu menghasilkan revenue yang mampu untuk membiayai operasionalnya, sedangkan secara mikro menekankan upaya-upaya efisiensi dan  efektifitas pengelolaan disertai upaya peningkatan mutu berkelanjutan, dalam rangka pelayanan kepada masyarakat. Untuk mewujudkan paradigma diatas, visi RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak ditetapkan sebagai berikut :

“MEWUJUDKAN  PELAYANAN RUMAH SAKIT YANG BERMUTU , EFISIEN  DAN TERJANGKAU SERTA TIDAK MEMBEDAKAN KELAS”

Penjelasan makna yang terkandung dalam visi tersebut adalah sebagai berikut di bawah ini :

  1. Bermutu mengandung makna bahwa, pelayanan kesehatan yang diselenggarakan RSUD Kota Pontianak sesuai dengan SPM dan SOP serta memperhatikan kode etik dan profesionalisme sehingga, dapat memberikan kepuasan kepada pengguna rumah sakit.
  2. Efisien dalam pelayanan bermakna bahwa, dalam memberikan pelayanan kesehatan harus sesuai standard, tepat dan cermat, berdaya guna dan berhasil guna. Dari perspektif rumah sakit pelayanan yang diberikan tidak terjadi pemborosan sumber daya, sedangkan dari perspektif pelanggan, diharapkan pelayanan bermutu, professional, cepat, aman, nyaman, biaya murah dan memuaskan.
  3. Terjangkau mengandung makna bahwa, pelayanan kesehatan yang disediakan RSUD Kota Pontianak mengutamakan tarif yang sesuai dengan kemampuan dan daya beli masyarakat dari semua lapisan.
  4. Tidak membedakan kelas, mengandung makna bahwa, di RSUD Kota Pontianak tarif jasa sarana dan jasa pelayanan untuk rawat inap, tindakan medik, penunjang medik dan non medik disamakan untuk semua pasien, sedangkan yang dibedakan adalah akomodasi ruang perawatan.

MISI

            Berdasarkan visi yang telah ditetapkan, maka misi RSUD Kota Pontianak adalah sebagai berikut :

  1. Mewujudkan kualitas pelayanan rumah sakit yang berorientasi pada kepuasan pelanggan.
  2. Mewujudkan pemenuhan standar pelayanan Rumah Sakit sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang profesional dan berintegritas tinggi dengan dukungan sarana dan prasarana perkantoran yang memadai.

Penjelasan dari makna yang terkandung dalam misi tersebut adalah sebagai berikut :

Mewujudkan kualitas pelayanan rumah sakit yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. Pelayanan berorientasi pada kepuasan pelanggan mempunyai makna sebagai berikut :

  1. Lebih peka mengetahui kebutuhan pengguna RS
    1. Memenuhi kebutuhan pengguna RS
    2. Kompetitif
    3. Inovasi pelayanan
    4. Memenuhi kepuasan semua pihak
    5. Memperlakukan pasien sebagai manusia seutuhnya (Bio-Psiko-Sosio-Kulturo-Religio) diperlakukan dengan sopan santun, kasih sayang dan penuh perhatian.
    6. Pelayanan aman yaitu pelayanan yang meminimalkan terjadinya 5D pada pasien (Death, Diseases, Disability, Discomfort dan Dissatisfcation) dan aman bagi petugas / provider.
    7. Pelayanan yang informatif, yaitu pelayanan yang dapat dipahami dan dimengerti oleh pengguna RS.
    8. Memperhatikan aspek sosial, mengandung arti bahwa, mutu pelayanan yang diberikan tidak membedakan tingkat sosial ekonomi pengguna RS.
  1. Meningkatkan pemenuhan standar pelayanan Rumah Sakit sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    1. Meningkatkan jumlah dan jenis sarana prasarana pelayanan kesehatan RSUD
    2. Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana yang tersedia.
  2. Mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang profesional dan berintegritas tinggi dengan dukungan sarana dan prasarana perkantoran yang memadai.
    1. SDM yang berkualitas dan profesional, yaitu SDM yang memiliki kompetensi profesi yang teruji dan diakui dan senantiasa meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kemampuannya melalui diklat dan pendidikan lainnya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna RS.
    2. Mengembangkan sistem informasi kesehatan rumah sakit dalam mendukung peningkatan transparansi pelayanan kepada publik.
    3. Penataan sistem akuntansi keuangan untuk peningkatan akuntabilitas kinerja keuangan rumah sakit.