Pekan Kebersihan Tangan

Pekan Kebersihan Tangan RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak

Pekan Kebersihan Tangan adalah salah satu upaya yang dilakukan RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan tangan. Pekan Kebersihan Tangan di mulai dari tanggal 7 maret sampai dengan 20 maret 2016. Edukasi mengenai kebersihan tangan diberikan tidak hanya kepada staf / pegawai yang berkerja RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie tetapi juga diberikan kepada pasien dan keluarga pasien. Materi Edukasi yang diberikan tentang pentingnya menjaga kebersihan tangan, manfaat menjaga kebersihan tangan, kapan harus membersihkan tangan serta praktek cara membersihkan tangan yang benar.

Pekan kebersihan tangan ini terselenggara atas kerjasama tim Pengendalian dan Pencegahan Infeksi Rumah Sakit (PPIRS) dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS). Adapun ini merupakan salah satu pilar penting dalam akreditasi rumah sakit versi KARS & JCI. Pilar utama kewaspadaan standar adalah menerapkan “Hand Hygiene” atau kebersihan tangan.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa kepatuhan yang baik dalam menerapkan Hand Hygiene berperan hingga 70% sampai dengan 80% untuk keberhasilan program PPIRS. Sayangnya kebersihan tangan yang baik belum membudaya dibanyak petugas kesehatan. Tingkat kepatuhan kebersihan tangan (Hand Hygiene Compliance) dibanyak rumah sakit masih tergolong rendah.

Penelitian oleh PERDALIN menyatakan bahwa tingkat kepatuhan perawat hanya pada angka 70%. Sedangkan tenaga kesehatan lain hanya sekitar 20%. Ini menunjukan bahwa kebersihan tangan belum menjadi budaya bagi banyak tenaga kesehatan di rumah sakit di Indonesia.

Hal yang sama juga terjadi pada lingkungan RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie, kebersihan tangan masih belum menjadi kebiasaan atau budaya. Mengingat pentingnya kebersihan tangan, maka sesuai arahan pimpinan Instansi dilaksanakan pecan kebersihan tangan di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie dengan tujuan membudayakan kegiatan kebersihan tangan tersebut kepada dokter, perawat, tenaga kesehatan lain dan semua staf di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie.

Adapun manfaat dari kegiatan ini :

  1. Meningkatkan kesadaran dokter, perawat, tenaga kesehatan lain dan semua staf di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak untuk patuh menjalankan budaya kebersihan tangan
  2. Meningkatkan partisipasi aktif dokter, perawat, tenaga kesehatan lain dan semua staf di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak untuk mendukung program PPIRS
  3. Meningkatnya partisipasi dokter, perawat, tenaga kesehatan lain dan semua staf di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak.

Pekan Kebersihan Tangan ditutup dengan penandatanganan komitmen kebersihan tangan oleh Direktur RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak diikuti oleh seluruh staf Rumah Sakit. Penandatanganan komitmen kebersihan tangan menandakan bahwa seluruh staf rumah sakit berkomitmen selalu menjaga kebersihan tangan ketika sedang berada di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie.